Mengulik Manfaat Tetes Tebu untuk Sapi, Solusi Ternak Tak Mau Makan!

Mengulik Manfaat Tetes Tebu untuk Sapi, Solusi Ternak Tak Mau Makan!

Untuk para peternak sapi pemula, pastinya akan merasa bingung dan khawatir apabila tiba tiba sapi terlihat tidak nafsu makan. Pasalnya sapi yang tidak mau makan pastinya akan kekurangan nutrisi sehingga mudah terkena penyakit. Tidak perlu risau, anda bisa mengandalkan tetes tebu. Apa manfaat tetes tebu untuk sapi ? Simak ulasannya berikut ini.

 

Apa Itu Tetes Tebu ?

Tetes tebu atau dikenal juga dengan molase merupakan salah satu bahan pakan untuk sapi, yang terbuat dari limbah hasil pengolahan gula yang telah dikristalisasi beberapa kali. Molase sebagai campuran pakan sapi bahkan telah terkenal sejak abad ke-19. Dimana tetes tebu tersebut bisa didapatkan dari gula tebu maupun gula bit.

Karena rata rata pabrik gula yang ada di Indonesia memiliki bahan baku tebu, maka molase yang diproduksi di dalam negeri juga merupakan tetes tebu yang berasal dari gula tebu. Setelah mengalami proses pengolahan, molase yang dihasilkan terdiri atas 3 jenis yakni tetes tebu bening, tetes tebu hitam, dan tetes tebu warna pekat atau cokelat tua.

Manfaat Molase untuk Campuran Pakan Sapi

Memiliki kandungan sukrosa sebanyak 45%, kalsium, boron, potasium, iodida, dan lain sebagainya, membuat manfaat tetes tebu untuk sapi ini terbilang sangat banyak terutama pada masa pertumbuhan. Karena pada masa pertumbuhan, sapi akan memerlukan asupan gula yang cukup sehingga molase ini akan membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Berbagai kandungan nutrisi lainnya yang ada di dalam tetes tebu pun sangat baik untuk kesehatan sapi. Hal ini sudah terbukti dimana ternak yang mendapat pakan dengan campuran tetes tebu, tumbuh dengan lebih baik dan sehat. Manfaat molase ini juga berlaku untuk sapi hamil.

Dimana tetes tebu akan memberikan asupan nutrisi yang cukup selama masa kehamilan hingga melahirkan. Lebih lanjut, tetes tebu berguna untuk memperlancar pencernaan, mengurangi tingkat stres pada sapi ketika suhu sedang tinggi, meningkatkan produksi susu, meningkatkan reproduksi, hingga meningkatkan palatabilitas pakan atau derajat kesukaan ternak terhadap pakannya.

Ciri Bakalan Sapi yang Mudah Digemukkan

Sebelum anda mengandalkan manfaat tetes tebu untuk sapi agar ternak tersebut menjadi gemuk dan besar, akan lebih baik bila anda memilih bakalan sapi yang tepat terlebih dahulu. Karena sapi bakalan ini bisa sangat mudah digemukkan dengan molase, meskipun awalnya terlihat berbadan kurus sekalipun.

Terdapat beberapa ciri bakalan sapi yang mudah digemukkan, antara lain memiliki bulu yang tidak berminyak dan pendek, bentuk mukanya panjang, mempunyai rangka tubuh yang besar, rusuknya terlihat cembung, bentuk badannya silinder, dan punggungnya lurus. Selain itu, sapi bakalan yang baik tentunya tidak cacat dan sehat.

Manfaat Tetes Tebu untuk Sapi
Manfaat Tetes Tebu untuk Sapi

Biasanya, sebanyak 30 hingga 40 ekor sapi bakalan bisa mendapat hingga sekitar 40 kilogram molase yang dicampur dengan bekatul dan garam sebanyak ΒΌ kilogram. Untuk air minumnya, disiapkan sebanyak 6 ember terisi penuh untuk setiap satu ekor sapi. Kombinasi pakan seperti ini diberikan pada pagi sementara untuk sorenya bisa pakan hijauan saja.

Manfaat tetes tebu untuk sapi akan lebih terlihat apabila pemberiannya dilakukan secara rutin. Nantinya sapi akan tumbuh menjadi lebih gemuk dan juga sehat, dimana mereka akan terlihat lahap mengonsumsi pakannya. Pemberian molase ini sebaiknya dilakukan kurang lebih selama 6 bulan yakni pada masa pemeliharaan berlangsung, agar pertumbuhan sapi terkontrol dengan baik.

Baca Juga 5 Cara Mempercepat Pertumbuhan Sapi Pedet Agar Cepat Besar dan Sehat

Tetes tebu atau molase memang memiliki banyak sekali manfaat untuk pertumbuhan sapi, sehingga perlu diberikan secara rutin sebagai solusi mencegah sapi tidak mau makan. Kendati demikian, penting untuk selalu memberikannya dengan takaran yang sesuai dengan porsinya agar sapi tidak diare.

sena

One thought on “Mengulik Manfaat Tetes Tebu untuk Sapi, Solusi Ternak Tak Mau Makan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *