Pemula Wajib Tahu! Berikut Jenis Jenis Sapi Dan Ciri Cirinya

Pemula Wajib Tahu! Berikut Jenis Jenis Sapi Dan Ciri Cirinya

Sebagian orang salah mengira jika sapi hanya dibudidayakan dengan satu jenis saja. Pada kenyataannya, ada beberapa jenis sapi yang dapat dipelihara oleh peternak. Masing masing sapi ternyata dibagi menjadi beberapa klasifikasi yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Dengan mengetahui jenis jenis sapi dan ciri cirinya, maka akan membantu peternak untuk memelihara. Simak di sini!

Jenis Jenis Sapi Yang Sering Dibudidayakan di Indonesia Beserta Karakteristiknya

1.Sapi Simental

Jenis sapi pertama yang harus anda tahu yaitu sapi sentimental. Berasal dari benua Eropa, sapi yang satu ini merupakan jenis sapi perah dan pedaging dengan warna bulu merah bata atau coklat kemerahan. Untuk di bagian mukanya dan lutut bagian bawah, sapi ini memiliki warna cenderung didominasi putih saja.

Jika dilihat dari segi berat badannya, maka sapi betina dewasa memiliki berat 800 kg. Sementara untuk sapi jantan berat badannya mencapai 1150 kg. Dengan berat yang cukup signifikan tersebut, bentuk tubuhnya cukup berotot dan kekar. Tak heran jika sapi ini sangat tepat dipelihara di daerah yang memiliki iklim sedang.

2.Sapi Limosin

Dikembangkan pertama di Prancis, sapi ini menjadi salah satu dari jenis jenis sapi dan ciri cirinya dengan perototan yang lebih baik jika dibandingkan dengan simental.  Sapi pedaging ini memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda dengan simental karena memiliki warna bulu dengan didominasi coklat tua, kecuali sekitar ambingnya yang cenderung berwarna lebih muda.

jenis jenis sapi
jenis jenis sapi

Jika dilihat dari bentuk badannya, sapi ini bisa dikatakan cukup besar, padat, panjang dan kompak. Keunggulan dari sapi yang satu ini yaitu pertumbuhan yang begitu cepat dengan metabolik rate yang cepat. Di Indonesia, sapi limosin dimanfaatkan agar disilangkan dengan jenis sapi lain, seperti misalnya sapi peranakan ongole dan lain sebagainya untuk mendapatkan sapi unggul.

3Sapi Brahman

Sapi Brahman ini merupakan salah satu jenis sapi yang memiliki karakteristik punuk besar dan berkulit longgar. Ciri ciri yang paling menonjol dari sapi ini yaitu punuknya yang cukup besar di bagian bawah leher sampai ke perut perutnya. Tak berhenti sampai di situ saja, ternyata jenis jenis sapi dan ciri cirinya ini memiliki telinga yang cukup panjang dan menggantung dengan ujung runcing.

Bagi anda yang pemula, maka bisa mempertimbangkan untuk beternak jenis sapi ini. Sebab, sapi ini adalah tipe sapi potong terbaik yang dibudidayakan dengan karkasnya 45%. Keistimewaan lainnya yang bisa anda temukan pada sapi ini yaitu tidak terlalu selektif terhadap pakan dan lebih kebal lingkungan yang cukup panas.

4.Sapi PO (Peranakan Ongole)

Sapi PO atau peranakan Ongole ini merupakan bangsa sapi yang dihasilkan dari persilangan antara pejantan sapi sumba ongole, dengan Sapi betina lokal jawa. Sapi yang satu ini terkenal dengan perannya sebagai sapi pekerja dan juga sapi pedaging. Hal ini berkat adanya kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan serta tenaga yang cukup kuat.

Baca Juga Dijamin Sukses! Berikut 5 Cara Beternak Sapi Bagi Pemula

Sapi PO ini memiliki karakteristik yang terbilang cukup unik dengan bentuk muka yang agak cembung serta pendek. Di bagian mata dari jenis jenis sapi dan ciri cirinya ini terdapat lingkar mata berwarna hitam yang cukup khas. Kemudian, untuk moncongnya cenderung rata dengan warna hitam.  Selain itu, ada juga tanduk yang melengkung ke belakang dan memiliki warna tanduk gelap.

Demikianlah beberapa informasi yang bisa anda ketahui mengenai berbagai jenis sapi beserta karakteristiknya. Setiap sapi memiliki ciri khas tersendiri, sehingga peternak wajib tahu bagaimana ciri cirinya agar mampu merawatnya dengan baik. Dengan begitu, anda bisa menghasilkan sapi ternak yang berkualitas dan tentunya unggul.

sena

One thought on “Pemula Wajib Tahu! Berikut Jenis Jenis Sapi Dan Ciri Cirinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *