Yuk Intip Ciri Sapi Limosin Yang Bagus Untuk Ternak

Yuk Intip Ciri Sapi Limosin Yang Bagus Untuk Ternak

Peternak sapi mana yang tak ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi? Tentunya pebisnis yang menggeluti bidang ternak sapi akan mencari bibit unggul agar nantinya bisa berkembang dengan baik. Agar tak salah pilih, yuk kenali terlebih dahulu ciri sapi limosin yang bagus untuk diternak, seperti ulasan lengkap berikut ini!

Sekilas Mengenai Sapi Limosin

Sapi Limosin menjadi salah satu sapi yang berasal dari Haute-Vienne, Prancis. Awal mulanya, sapi ini diternakkan untuk tujuan diambil dagingnya yang cukup banyak. Selain itu, sapi ini juga dijadikan sebagai sapi pekerja yang bermanfaat untuk membantu pertanian. Hal ini karena sapi limosin memiliki otot kuat yang mampu cepat dan tanggap dalam pengolahan tanah.

Jika dilihat secara genetik, sapi limosin merupakan sapi potong yang memiliki daerah asal dari iklim yang dingin. Tak hanya itu saja, sapi ini merupakan tipe sapi yang besar yang memiliki rate metabolisme yang cepat. Hal inilah yang membuat tata cara pemeliharaannya dan juga pembudidayaannya menjadi lebih teratur.

Ciri Sapi Limosin
Ciri Sapi Limosin

Di Indonesia, sapi limosin ini akan disilangkan dengan jenis sapi lainnya agar memiliki peranakan yang unggul. Beberapa di antaranya yaitu sapi brahman, sapi hereford, peranakan ongole dan lain sebagainya. Dengan begitu, bisa diketahui jika ciri sapi limosin ini memiliki hasil yang unggul dan juga bagus sebagai hewan ternak.

 

Karakteristik Sapi Limosin

Mengingat sapi limosin ini berasal dari Eropa, lebih tepatnya berkembang di Perancis, ciri yang bisa ditemukan yaitu perkembangannya yang cepat. Pasalnya, sapai ini mampu memiliki pertambahan berat badan yang cepat per harinya yaitu sekitar 1,1 kg. Sementara itu, tinggi maksimalnya bisa mencapai 1,5 m.

Karakteristik lain yang dapat ditemukan ditemukan pada sapi ini yaitu tubuhnya yang selimuti dengan bulu tebal yang warnanya kuning atau merah keemasan. Jika dilihat pada bagian kepalanya, anda bisa melihat tanduknya berwarna cerah. Inilah yang menjadikan sapi ini cukup unik dan berbeda dengan sai sapi jenis lainnya.

Baca Juga Pemula Wajib Tahu! Berikut Jenis Jenis Sapi Dan Ciri Cirinya

Untuk lebih detailnya, ciri sapi limosin ini memiliki bentuk tubuh yang cenderung besar, kompak, pajang, dan padat. Sehingga sangat cocok jika dibudidayakan di daerah atau lokasi yang memiliki curah hujan tinggi maupun sedang. Jika dilihat dari tampilannya, sapi ini memiliki warna coklat mudah dan unik yang agak kelabu, sehingga cukup unik.

Bibit Ternak Sapi Limosin

Bagi peternak sapi yang sudah menggeluti bisnis tersebut, tentu akan memahami betul bagaimana pemilihan bibit yang bagus. Namun, bagi peternak yang baru pertama kali akan memulai usaha ternak sapi, tentunya cukup sulit untuk mengenali bibit sapi limosin yang seperti apa untuk budidaya sapi berkualitas.

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh peternak sapi yaitu membedakan jenis kelamin bibit sapi limosin yang akan dipilih. Kemudian, perhatikan proporsi badan bibit dari bagian belakang, samping, sampai dengan seluruh badannya. Bibit yang unggul ini harus menunjukkan ciri yang kepala dan badannya memiliki proporsi seimbang.

Selain itu, dalam pemilihan bibit sapi limosin, anda juga harus memperhatikan bagai lehernya. Pastikan jika ciri sapi limosin memiliki bentuk leher yang tebal, kuat, besar, dan bergelambir.  Untuk bagian punggungnya, maka sebaiknya memiliki punggung yang lurus sejajar dan  tidak bengkok atau bahkan melengkung.

Sederet ciri ciri tersebut tentu bisa membantu peternak dalam memilih jenis sapi limosin dengan bibit unggul. Selain sehat dan tidak cacat, bibit benar benar harus dipilih dari sapi yang berkualitas. Dengan begitu, peternak bisa menghasilkan sapi limosin yang unggul dan memiliki nilai daya jual yang cukup tinggi.

sena

One thought on “Yuk Intip Ciri Sapi Limosin Yang Bagus Untuk Ternak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *