5 Cara Menggemukkan Sapi Kurus Secara Alami Yang Wajib Anda Tahu

5 Cara Menggemukkan Sapi Kurus Secara Alami Yang Wajib Anda Tahu

Kebutuhan daging sapi di Indonesia semakin meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. Maka dari itu, peternak sapi berlomba lomba untuk mencari tahu cara menggemukkan sapi kurus agar menjadi hewan ternak yang berkualitas tinggi. Dengan begitu, langkah tersebut dapat mendukung perkembangan dari ternak sapi secara mudah dan cepat.

Tips Yang Ampuh Untuk Menggemukkan Sapi Secara Alami dan Cepat

1.Memperhatikan Kebersihan kandang

Beternak sapi memang terbilang cukup menjanjikan jika dibandingkan dengan komoditi lainnya. Bahkan, satu ekor sapi dewasa dengan ukuran konsumsi bisa dibanderol dengan harga sampai belasan juta rupiah. Dengan memiliki 10 ekor sapi saja, tentu anda sudah bisa memperkirakan berapa penghasilan yang akan didapatkan selanjutnya.

Maka dari itu, peternak sapi ingin mengetahui cara menggemukkan sapi dengan cepat agar mendukung perkembangannya. Salah satu caranya bisa dimulai dengan memperhatikan kebersihan kandang. Umumnya, kandang sapi memiliki kesan kotor dan juga bau. Untuk itu, peternak wajib menjaga kebersihan kandang dari kotoran sapi agar terbebas dari aroma tak sedap yang menyengat.

2.Memperhatikan Kesehatan Sapi

Cara menggemukkan sapi kurus secara efektif lainnya yaitu dengan cara memperhatikan kesehatan sapi. Pastikan jika sapi tidak mengalami gangguan kesehatan seperti mencret, diare, cacingan, dan lain sebagainya yang berbahaya. Jika saja sapi menderita sakit, maka segera tangani agar tak menular ke sapi sapi yang lainnya.

Cara Menggemukkan Sapi Kurus
Cara Menggemukkan Sapi Kurus

Anda bisa mengatasi penyakit sapi tersebut dengan obat obatan alami. Bahkan anda bisa memanfaatkan bahan abahan yang ada di sekitar seperti daun pepaya maupun jambu biji sebagai makanan pokoknya. Obat alami tersebut ternyata terbukti sangat ampuh untuk mengatasi gejala penyakit seperti mencret jika dibandingkan produk kemasan dengan bahan kimia.

3.Pemberian Minum dengan Teratur

Sebagai peternak, anda juga harus memperhatikan aspek pemberian minum yang teratur. Agar nutrisi sapi terpenuhi dengan baik, maka berikan minum sebanyak 3 kali sehari, pada pagi, siang, dan sore hari. Sebagai tambahan cara menggemukkan sapi kurus, anda bisa mencampur air dengan tetes hasil gilingan tebu dan kebi di minum sore hari.

Baca Juga Yuk Intip Ciri Sapi Limosin Yang Bagus Untuk Ternak

Sebenarnya, tak ada takaran yang spesifik untuk pemberian tambahan nutrisi sapi dengan tetes tebu. Hanya saja, anda harus mencampurkannya ke air sampai berubah warna menjadi sedikit kental dan juga menghitam. Sementara itu, untuk pemberian kebi sendiri membutuhkan 10 sendok makan dengan perbandingan air 1 liternya.

4.Pemberian Pakan Sapi yang Bernutrisi

Pakan alternatif memang tidak disarankan menjadi makanan pokok sapi sehari hari. Sebaliknya, pakan yang baik untuk dikonsumsi sapi yaitu berasal dari rerumputan yang masih fresh. Beberapa di antaranya yang bsia anda berikan pada sapi yaitu tanaman lamtoro, rumput gajah, rumput raja, rumput benggala, gamal, kaliandra, dan centro.

5.Membuat Sapi Tetap Bergerak Secara Aktif

Langkah berikutnya yang bisa anda terapkan sebagai cara menggemukkan sapi kurus secara alami yaitu dengan membuat tekstur dagingnya lebih padat. Untuk mencapai tujuan ini, anda hanya perlu menyiapkan lahan kosong yang bis adigunakan sapi berlari. Daging sapi akan padat jika sistem peredaran drahnua mengalir dengan lancar.

Itulah beberapa tips yang perlu dilakukan oleh peternak jika ingin membuat sapi sapinya bisa gemuk secara alami hanya alam waktu yang singkat yaitu berkisar 3 bulan. Kesehatan sapi, kebersihan kandang, pemberian pakan dan minum, serta sapi yang aktif merupakan hal yang harus anda perhatikan untuk menjaga kesehatan serta kualitas ternak sapi lebih unggul dan baik lagi.

sena

3 thoughts on “5 Cara Menggemukkan Sapi Kurus Secara Alami Yang Wajib Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *