Cara Membuat Asam Amino Untuk Sapi

Cara Membuat Asam Amino Untuk Sapi

Asam amino tak hanya baik untuk tanaman tetapi juga bagus diberikan kepada hewan ternak. Asam amino tidak terlepas dari protein oleh karena itu bahan dasar pembuatan asam amino biasanya menggunakan bahan yang kaya kandungan protein tinggi. Agar asam amino yang dihasilkan lebih berkualitas, maka simak Cara Membuat Asam Amino Untuk Sapi berikut ini.

Cara Membuat Asam Amino Untuk Hewan Ternak

1.Menyiapkan Sumber Protein

Tahap pertama adalah menyiapkan bahan yang akan di gunakan untuk membuat asam amino. Bahan yang digunakan adalah yang mengandung protein tinggi seperti daging ikan. Bahan utama yang akan digunakan adalah daging ikan dan gula merah. Untuk takaran yang digunakan adalah dengan perbandingan 1:1 untuk daging dan gula.

Misalkan bila anda akan menggunakan daging ikan sebanyak 1 kg maka gula merah yang harus disiapkan juga sebanyak 1 kg. Selain itu anda juga harus menyiapkan aktivator atau bakteri yang akan mempercepat proses penguraian. Beberapa contoh aktivator yang sering digunakan adalah MOL atau EM4.

2.Proses Pembuatan Asam Amino

Cara Membuat Asam Amino Untuk Sapiini tidak rumit dan bisa dilakukan dengan mudah. Untuk proses pertama adalah mencincang daging ikan atau bisa juga dengan cara ditumbuk. Proses penghalusan daging ikan ini bisa juga utuh bersama tulangnya. Setelah daging ikan tertumbuk sempurna kemudian campurkan dengan gula merah sebanyak 2/3 bagian dahulu.

Setelah tercampur secara sempurna, anda bisa tambahkan sedikit MOL atau EM4 untuk mempercepat proses penguraian. Bahan adonan tersebut kemudian diaduk menggunakan tangan agar lebih teraduk dengan baik. Setelah proses adukan tersebut baru sisa gula merah 1/3 tadi bisa ditaburkan di atasnya agar adonan ikan tersebut tidak ditumbuhi jamur.

3.Proses Penyimpanan Asam Amino Dengan Baik

Cara Membuat Asam Amino Untuk Sapi berikutnya yang tak kalah penting adalah proses penyimpanan yang menentukan kualitas asam amino. Menyimpan pada wadah tertutup atau anaerob sangat disarankan. Usahakan untuk tempat penyimpanan tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Tetapi juga tidak boleh disimpan pada suhu yang terlalu dingin.

Cara Membuat Asam Amino Untuk Sapi
Cara Membuat Asam Amino Untuk Sapi

Bila suhu penyimpanan terlalu dingin maka akan memperlambat proses penguraian asam amino tersebut. Masa penyimpanan asam amino idealnya adalah selama tiga bulan sampai enam bulan. Hal ini karena semakin lama masa penyimpanan asam amino, maka kualitas yang dihasilkan akan semakin bagus. Setelah disimpan, maka asam amino baru bisa digunakan.

4.Proses Penggunaan Dan Dosis Yang Tepat

Setelah melalui proses penyimpanan selama kurang lebih enam bulan, asam amino bisa digunakan. Asam amino akan menjadi cairan yang kental dengan konsentrasi yang pekat. Sebelum digunakan, baiknya dipisahkan terlebih dahulu bagian tulang ikan yang terdapat dalam larutan asam amino. Setelah Pemisahan tulang, cairan asam amino kemudian akan dicairkan.

Baca Juga Mengenal Sapi Brahman Cross dan Keunggulannya, Peternak Wajib Tahu!

Cara Membuat Asam Amino Untuk Sapi Setelahnya adalahproses pelarutan. Proses pencairannya bisa menggunakan perbandingan 1 : 1000. Misalkan untul 1 ml asam amino, anda bisa mencampurkan dengan 1000 ml air setelah itu larutan asam amino baru bisa digunakan. Salah satu cara penggunaannya adalah dengan di larutkan pada pakan atau minum hewan.

Dengan penggunaan dengan dosis yang tepat dan cara pembuatan yang baik, maka akan menghasilkan asan amino yang berkualitas juga. Tak hanya berfungsi utnuk tumbuhan, asam amino juga baik digunakan untuk hewan ternak. Selain meningkatkan metabolisme, asam amino juga bisa berguna untuk meringankan stress hewan ternak.

sena

One thought on “Cara Membuat Asam Amino Untuk Sapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *