Jurus Jitu Mencegah Cacing Hati Pada Sapi Dan Dampaknya Bagi Manusia

Jurus Jitu Mencegah Cacing Hati Pada Sapi Dan Dampaknya Bagi Manusia

Cacing hati atau yang kerap disebut dengan Fasciola gigantica dan fasciola hepatica merupakan sebuah parasit yang kerap menyerang hewan ternak, termasuk sapi. Jenis Fasciola gigantica adalah jenis cacing hati yang banyak menyerang ternak di iklim tropis. Ngomong ngomong soal cacing hari, berikut ulasan lengkap terkait dengan cara mencegah cacing hati pada sapi dan dampaknya bagi manusia.

Cara Mencegah Fasciola Gigantica

Mencegah cacing hati adalah sebuah kegiatan yang sudah seharusnya dilakukan oleh peternak sapi. Langkah pencegahan pertama yang bisa dilakukan adalah tidak mengembala ternak di dataran yang tergenang air. Anda pun tidak boleh membawa sapi ke tempat penggembalaan bebek seperti sawah.

Pada dasarnya, pengendalian terbaik untuk parasit hati ini adalah dengan memutus siklus hidupnya. Cara tersebut dapat memberikan hasil yang maksimal, jika dilakukan oleh sekelompok masyarakat secara masal. Strategi yang bisa dijalankan adalah dengan menyesuaikan siklus tanam padi, berdasarkan musim basah dan kering.

Pada musim basah,pengendalian cacing ini bisa ditekan dengan menekan serendah mungkin pencemaran lingkungan dari metakarsia. Pasangan di musim kering , pengobatan ternak bisa dilakukan dengan penekanan pengendalian fasciolosis. Anda pun sebagai peternak wajib membersihkan limbah kandang dengan baik, sehingga telur cacing tidak menjadi pencemar.

Mengapa Mencegah Fasciola Penting?

Mungkin banyak diantara anda yang bertanya tanya, mengapa mencegah cacing hati pada sapi ini penting dan seberapa parah infeksinya. Gejala klinis yang bisa muncul pada hewan ternak adalah kematian mendadak, gangguan pencernaan, dan feses kering. Dalam serangan berat, sapu bisa mencret, lemah, kurus, edema subkutan, berkurangnya protein dalam tubuh, dan menunjukkan gejala anemia.

Ciri ciri hati sapi yang terinfeksi cacing hati yaitu terlihat pucat, dan dipenuhi dengan jaringan tebal yang berwarna putih. Lokasi itulah yang menjadi tempat bersarang cacing hati semasa hewan ternak masih hidup. Ada kalanya hati sapi terlihat normal, dan gejala ini hanya terlihat jika hati di belah.

Cacing Hati Pada Sapi
Cacing Hati Pada Sapi

Sebagian orang berpendapat bahwa cacing hati tidak berbahaya bagi manusia, karena hati sapi masih bisa dikonsumsi, asalkan direbus hingga benar benar matang. Akan tetapi, akan jauh lebih baik jika lapisan putih tebal yang menjadi sarang tadi dihilangkan dan tidak ikut dikonsumsi. namun kembali lagi, pilihan terbaiknya adalah dengan tidak memakannya.

Meskipun cacing hati tidak merusak daging, namun cara mencegah cacing hati pada sapi tetap perlu dilakukan. Dari gejalanya saja sudah sangat merepotkan peternak. Oleh karena itu, penularan cacing ini perlu diatasi dengan segera. Apalagi, penularannya cukup masif karena telur dari cacing bisa terbawa kotoran dan menginfeksi sapi atau hewan ternak lain yang ada di sekitarnya.

Dampak Fasciola Bagi Manusia

Penularan pada manusia bisa terjadi jika orang yang bersangkutan memakan hati sapi yang tidak dimasak dengan matang. Gejala klinis yang bisa terjadi pada orang tersebut adalah demam hingga suhu 42 derajat, nyeri di bagian perut, gangguan pencernaan, dan anemia akut. Meskipun jarang terjadi, namun tetap saja peluang kejadian ini masih tetap ada.

Baca Juga Jangan Panik! Berikut Rekomendasi Antibiotik Untuk Sapi Mencret

Sebenarnya ternak yang terinfestasi cacing hati masih aman dikonsumsi, terutama bagian dagingnya. Hal ini terjadi karena cacing tersebut tidak akan masuk dan merusak jaringan daging si sapi. Hanya saja, informasi terkait dengan cara mencegah cacing hati pada sapi sangat penting untuk diketahui oleh setiap peternak.

Itulah beberapa informasi terkait dengan cacing hati yang perlu anda ingat. Jika anda adalah seorang peternak, maka langkah terbaik untuk mencegahnya adalah memperhatikan kebersihan kandang dengan baik. Selain itu, hindarkan si sapi dari tempat tempat yang becek dan tergenang, seperti sawah dan tempat penggembalaan bebek.

sena

One thought on “Jurus Jitu Mencegah Cacing Hati Pada Sapi Dan Dampaknya Bagi Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *